J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 6, No 3 (2025): OKTOBER

EKSISTENSI DAN RELEVANSI METODE 3MPH: INOVASI PEMBELAJARAN YANG MUDAH, MURAH, MERIAH, DAN PENUH HIKMAH

Kartini, Kartini (Unknown)
Rosyidah, Rara Annisaur (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Metode ceramah dalam pembelajaran merupakan salah satu metode tradisional yang tetap relevan meskipun terdapat perkembangan teknologi dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi relevansi metode ceramah dalam pembelajaran modern, dengan penyesuaian terhadap prinsip-prinsip tradisional seperti konsep "3MPH" (Mudah, Murah, Meriah, Penuh Hikmah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian literatur untuk menggali manfaat metode ceramah dalam membangun hubungan emosional dan spiritual antara pengajar dan peserta didik, serta perannya dalam membentuk karakter melalui pengalaman praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah yang dipadukan dengan teknologi modern, seperti multimedia dan alat peraga, dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di era digital tanpa mengurangi nilai-nilai esensial dalam pendidikan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode ceramah tetap relevan dalam pembelajaran masa kini, dengan penyesuaian yang tepat terhadap konteks dan integrasi teknologi yang mendukung. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan metode ceramah yang fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan zaman, dengan mempertahankan karakter dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...