Penilaian kinerja guru di SMPN 1 dan 2 Lakbok yang masih berada pada kategori “baik” (rata-rata 82), namun belum mencapai standar “sangat baik” (di atas 90) sesuai Perdirjen GTK No. 7607/B.B1/HK.03/2023. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek conceptual skill dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Human Skill dalam meningkatkan kinerja guru. 3 ) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Technical skill dalam meningkatkan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ditinjau dari aspek conceptual, human, dan technical skill. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan meliputi Kepala Sekolah, Pengawas, Komite, dan Guru. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek conceptual skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek Human Skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru. 3) Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah ditinjau dari aspek technical skill efektif dalam meningkatkan kinerja guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025