Sumber Daya Manusia memiliki peran strategis dalam menentukan mutu dan efektivitas lembaga pendidikan. Di era digital, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi salah satu strategi penting untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi penguasaan TIK oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 2 Lakbok, Kabupaten Ciamis. Fokus penelitian mencakup tiga aspek: perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan TIK oleh guru dalam perencanaan pembelajaran sudah baik, namun pemilihan media pembelajaran perlu ditingkatkan. Dalam proses pembelajaran, TIK terbukti meningkatkan motivasi siswa, tetapi integrasi antara media dan metode pembelajaran masih perlu disesuaikan. Sementara itu, dalam evaluasi pembelajaran, penggunaan TIK juga memberi dampak positif terhadap motivasi belajar, meskipun guru masih perlu meningkatkan keterampilan pengembangan diri agar mampu mengikuti perkembangan teknologi secara berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025