Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Buntu Barana, yang memerlukan pendekatan pembelajaran yang lebih aktif dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yang terdiri dari empat komponen utama: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Buntu Barana. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yang tercermin dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar. Pada siklus I, hanya 44,44% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 83,33%. Penerapan metode jarimatika terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah-sekolah dasar.
Copyrights © 2025