Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk menemukan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa di era digital, mengingat tantangan dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar Bahasa Indonesia, serta pentingnya pemanfaatan teknologi interaktif seperti game edukasi untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan game edukasi Wordwall berdampak pada bagaimana siswa kelas I di UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 Makassar belajar Bahasa Indonesia lebih baik. Metode eksperimen kuasi digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan sesudah menggunakan game edukasi Wordwall. Eksperimen ini dirancang dengan desain pre-test dan post-test. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, tes hasil belajar, dan angket siswa tentang penggunaan Wordwall dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Wordwall meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa secara signifikan. Selain itu, sebagian besar siswa menyukai penggunaan Wordwall karena dianggap menyenangkan dan membantu mereka memahami materi yang diajarkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025