TECHNOLOGIC
Vol 3 No 2 (2012): Technologic

MEMPERCEPAT WAKTU PENERIMAAN PELANGGAN ASURANSI DENGAN DUAL PROSES DI BENGKEL AUTO2000 BP SUNTER

Hutabarat, Marsangkap (Unknown)
Karyadi, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2012

Abstract

Waktu penerimaan pelanggan asuransi di Auto2000 Body & Paint (BP) Sunter cukup lama dengan rata-rata waktu proses penerimaan pelanggan asuransi pada bulan April 2012 mencapai 29,6 menit. Penerimaan pelanggan asuransi yang lama tersebut berakibat pada lamanya waktu tunggu pelanggan untuk dilayani, kurangnya poin kepuasan pelanggan, dan menyebabkan banyak unit yang batal servis. Adanya unit batal servis, secara langsung menciptakan kerugian bagi Auto2000 BP Sunter. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mempercepat waktu penerimaan pelanggan asuransi dengan memperbaiki alur penerimaan pelanggan asuransi dan membuat beberapa alat bantu. Alur penerimaan pelanggan asuransi diperbaiki dengan sistem dual proses, alat bantu yang dibuat oleh penulis berupa banner media informasi dan akrilik media petunjuk. Hasilnya, waktu proses penerimaan pelanggan asuransi di Auto2000 BP Sunter pada bulan Juni 2012 berkurang 19,4 menit menjadi rata-rata 10,2 menit, waktu tunggu pelanggan dilayani berkurang 10,7 menit menjadi rata-rata 23,5 menit, poin kepuasan pelanggan meningkat 21 poin menjadi total 144 poin, dan unit batal servis berkurang 23 unit menjadi hanya 16 unit.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

firstjournal

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

TECHNOLOGIC adalah jurnal dengan p-ISSN 2085-8507 dan e-ISSN 2722-3280 yang diterbitkan oleh LPPM Politeknik Manufaktur Astra. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan juni dan Desember. Publikasi berisi artikel yang berasal dari hasil penelitian terapan dan studi analisis di bidang ilmu ...