cover
Contact Name
Asri Aisyah
Contact Email
asri.aisyah@polytechnic.astra.ac.id
Phone
+62857-7567-8737
Journal Mail Official
editor.technologic@polytechnic.astra.ac.id
Editorial Address
Politeknik Astra Jl. Gaharu Blok F-3 Delta Silicon 2 Lippo Cikarang, Kel. Cibatu, Kec. Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17530
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
TECHNOLOGIC
Published by Politeknik Astra
ISSN : 20858507     EISSN : 27223280     DOI : http://dx.doi.org/10.52453/t.v12i1.306
TECHNOLOGIC adalah jurnal dengan p-ISSN 2085-8507 dan e-ISSN 2722-3280 yang diterbitkan oleh LPPM Politeknik Manufaktur Astra. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan juni dan Desember. Publikasi berisi artikel yang berasal dari hasil penelitian terapan dan studi analisis di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya meliputi teknologi mekanik, litrik, elektronika, industri, informatika, sipil. Artikel yang masuk ke redaksi diseleksi dengan sistem blind peer-review untuk menjaga obyektivitas. Adapun fokus dan ruang lingkup dari Jurnal Technologic adalah sebagai berikut: Teknik Mesin Teknologi manufaktur, Disain mekanis, Otomotif, Robotika dan Otomasi, Mekatronika, Teknologi lingkungan, Konversi energi, Teknik Listrik, Elektronika, dan Informatika Sistem tenaga, system instrumentasi dan control, telekomunikasi dan teknologi informatika, Aplikasi Elektronika, Aplikasi sensor dan actuator, Kecerdasan artifisial, Sistem Informatika, Elektronika Daya, Energi Terbarukan, Jaringan Komputer, Sistem Komunikasi Multimedia, Teknik Komputer, Sistem Telekomunikasi, Sistem Komunikasi Nirkabel, Jaringan Sensor Nirkabel Teknik industry Sistem produksi, optimisasi system industry, Planning and Production Control, manajemen kualtas, ergonomic, Disain produk Teknik Sipil Teknik Konstruksi dan bangunan Gedung
Articles 305 Documents
ANALISA PENYELESAIAN GANGGUAN TRAFO DISTRIBUSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RCPS (ROOT CAUSE PROBLEM SOLVING) Badaruddin1, Badaruddin; Abadi, Madayun R Sapta
Technologic Vol 6 No 1 (2015): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan Teknologi dan sangat pentingnya peranan tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan Pelanggan, menuntut PT X selalu berusaha Meningkatkan Mutu dan Keandalan dalam Pendistribusian Energi Listrik ke pelanggan yang dituangkan dalam bentuk Road Map Penurunan Gangguan Trafo dari Tahun ke Tahun guna menuju Perusahaan dengan Pelayanan Kelas Dunia (World Classes Services).Tanpa disadari usaha tersebut tidak akan pernah luput dari adanya gangguan pada transformator distribusi yang tentunya akan mengakibatkan pemadaman dan terhambatnya penyaluran tenaga listrik ke Pelanggan sehingga pelayanan akan kebutuhan listrik akan terganggu. Pada penelitian ini , akan akan dibahas masalah Target Kinerja gangguan Transformator distribusi tahun 2013 yang tidak tercapai di PT. X pada Area X Posko Cinere beserta Analisanya. Mayoritas Gangguan Trafo disebabkan oleh pembebanan berlebih pada Trafo (Overload) sehingga diperlukan Upaya perbaikan dengan menurunkan Jumlah trafo Overload yang merupakan salah satu inisiatif perbaikan yang didapatkan Melalui Metode RCPS (Route Cause Problem Solving). Berdasarkan Data Pembeban Trafo tahun 2013, Jumlah Trafo Overload di Area X sebanyak 78 unit atau dengan persentase sebesar 15,06 % terhadap total Asset. Tingginya jumlah Trafo Overload tersebut memacu Area X untuk melakukan Program Penurunan Jumlah Trafo Overload dengan target ≤ 10 % pada Akhir tahun 2014 nanti. Hingga Periode November 2014 Jumlah Trafo Overload tersebut sudah diturunkan menjadi 57 unit atau dengan persentase sebesar 11,003 % terhadap total Asset dan memberikan manfaat dalam mendukung pencapaian Kinerja Gangguan Trafo tahun 2014.
MODIFIKASI SISTEM ELEKTRIK SOLENOID BRAKE COOLING VALVE KOMATSU DUMP TRUCK HD 785-5 Manurung, Vuko A. T.; Fatulloh, Rizqi
Technologic Vol 3 No 2 (2012): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengoperasian alat yang salah (miss operation) dapat mengakibatkan terjadinya kehilangan daya (power loss) pada unit dumptruck, berupa terbuangnya energi secara sia-sia. Miss operation tersebut tersebut terjadi karena operator lebih memilih menggunakan retarder dibandingkan menggunakan parking brake saat proses pengangkatan bak truk (dumping), yang seharusnya menggunakan parking brake. Untuk menghilangkan terjadinya power loss pada saat dumping, maka dilakukan memodifikasi pada sistem elektrik yaitu pada Brake Cooling Sytem.
MEMPERCEPAT WAKTU PENERIMAAN PELANGGAN ASURANSI DENGAN DUAL PROSES DI BENGKEL AUTO2000 BP SUNTER Hutabarat, Marsangkap; Karyadi, Bambang
Technologic Vol 3 No 2 (2012): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Waktu penerimaan pelanggan asuransi di Auto2000 Body & Paint (BP) Sunter cukup lama dengan rata-rata waktu proses penerimaan pelanggan asuransi pada bulan April 2012 mencapai 29,6 menit. Penerimaan pelanggan asuransi yang lama tersebut berakibat pada lamanya waktu tunggu pelanggan untuk dilayani, kurangnya poin kepuasan pelanggan, dan menyebabkan banyak unit yang batal servis. Adanya unit batal servis, secara langsung menciptakan kerugian bagi Auto2000 BP Sunter. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mempercepat waktu penerimaan pelanggan asuransi dengan memperbaiki alur penerimaan pelanggan asuransi dan membuat beberapa alat bantu. Alur penerimaan pelanggan asuransi diperbaiki dengan sistem dual proses, alat bantu yang dibuat oleh penulis berupa banner media informasi dan akrilik media petunjuk. Hasilnya, waktu proses penerimaan pelanggan asuransi di Auto2000 BP Sunter pada bulan Juni 2012 berkurang 19,4 menit menjadi rata-rata 10,2 menit, waktu tunggu pelanggan dilayani berkurang 10,7 menit menjadi rata-rata 23,5 menit, poin kepuasan pelanggan meningkat 21 poin menjadi total 144 poin, dan unit batal servis berkurang 23 unit menjadi hanya 16 unit.
COMMUNICATION CONTROL SYSTEM OF ROBOT AII-SERIES WITH THE PERMANENT WELDING PROCESS SUPPORTING TOOL ON MOTORCYCLE FRAME BODY Ardi, Syahril; Utami, Desitia
Technologic Vol 3 No 2 (2012): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In order to meet the demand for the high quality and the minimal production cost, and then the manufacture company of the motorcycle was prosecuted to continue to carry out the innovation. One of the forms of his innovation was the development of process technology of welding permanent in frame body the motor. The process of welding automatically this used two robots welding and one robot handling. Besides this was gotten several supporting implements like: the security sensor, the sensor to operational, the operational switch, and the solenoid to move gripper & slider. In this research, was carried out by the design of the control system of integrated communication between the robot's three units with his supporting implement that could control as well as visualize the process of welding. This control system was carried out manually or automatically, by considering the aspect of the safety of the operator and the machine. As controller especially, this system used Programmable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI) to monitoring the process that was taking place, and the system error recording. Automation of the process of permanent welding frame body this motor could go well. The process of welding frame body the motor could go in accordance with the function and the operation that were wanted. Results of welding (welding bead) are better and stable compared with welding manually, as well as could increase the security factor and the safety for the operator and the machine. Key word: System the control of communication, Programmable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI)
PEMBUATAN SISTEM MONITORING DISPLAY MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMega 8535 DAN VISUAL BASIC 6.0 DI PT.TMMIN Prasetyani, Lin; Qurraeshea, Roro
Technologic Vol 3 No 2 (2012): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Unpacking merupakan proses pembongkaran module berisi box yang mengandung part-part impor untuk mobil dari satuan module menjadi satuan box. Delay dalam pembongkaran module sering terjadi dan dapat mengakibatkan penumpukan (overflow) atau kekurangan (shortage) stok part sehingga berdampak terhadap proses selanjutnya. Hal ini terjadi karena tidak adanya alat untuk memantau proses pembongkaran module, sehingga operator kesulitan untuk meminta bantuan relief (pergantian orang) kepada Kepala Regu atau Line Guy. Sulitnya pemantauan dalam proses pembongkaran module yang dialami, membuat perlunya dilakukan pembuatan sistem monitoring display. Pada tugas akhir ini telah disusun konsep dan rancangan pembuatan sistem monitoring display menggunakan mikrokontroler ATMega8535 dan Visual Basic6.0, sehingga sistem ini dapat memberi visualisasi dan menjadi alat bantu dalam memantau proses pembongkaran module serta dapat mengurangi delay pembongkaran module dari 12 menit menjadi 3 menit dalam 1 shift.
PEMBUATAN ALAT PENDETEKSI LUBANG DRILL STOPPER PADA PROSES MANUFACTURING PISTON DI MACHINING LINE PT CDE Subagio, Djoko; Sulaiman, Budi
Technologic Vol 3 No 2 (2012): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan data dari Departemen Quality Control di PT CDE, terdapat 74 masalah yang ditemukan pada piston tipe 3SO1 dan 5D9 selama tahun 2008. Hal ini karena lubang drill stopper tidak ada maupun lubang drill stopper terbalik. Divisi Engineering PT CDE ingin membuat suatu alat pendeteksi otomatis untuk mendeteksi ada atau tidaknya lubang drill stopper pada proses manufacturing piston. Dalam penelitian ini, dilakukan penelitian yang berkaitan dengan disain alat pendeteksi otomatis dengan menggunakan vision sensor dan digabungkan ke dalam salah satu mesin di machining line motorcycle. Telah dibuat suatu alat yang dapat mendeteksi lubang drill stopper sehingga apabila terjadi kesalahan tidak berlanjut ke proses berikutnya. Perancangan juga dengan membuat hubungan komunikasi antara alat pendeteksi dengan PLC, sehingga mengurangi keterlibatan orang untuk memeriksa ada atau tidaknya lubang drill stopper. Alat pendeteksi untuk lubang drill stopper piston ini dibuat dengan menggunakan vision sensor Omron F160-S2. Vision sensor Omron F160-S2 dapat mengambil citra pada lubang drill stopper. Citra tersebut lalu diproses dengan menggunakan Omron F160-C10E-2 vision mate controller. Hasil pemrosesannya berupa data bilangan biner yang menyatakan OK atau NG (Not Good). Alat tersebut bekerja dengan baik sesuai yang diharapkan.
MENGURANGI WASTE MATERIAL PRODUK CAP LOCK NUT - KODE PRODUK 5AP0080, KODE MOLD AP012 - DENGAN PENGUBAHAN PROSES DARI TRANSFER MOLDING MENJADI COMPRESSION MOLDING DI PT. INDOKARLO PERKASA (PT. IKP) Dimas, Eduardus; Ali, Nur
Technologic Vol 3 No 2 (2012): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada proses pembuatan komponen dengan proses molding, tidak seluruh komponen menjadi produk, pasti ada material compound yang terbuang (waste). Produk Cap Lock Nut adalah salah satu produk yang memiliki waste yang cukup besar hingga mencapai 190,6 gram atau 30,9% dari berat material yang dibutuhkan tiap cycle. Hal ini disebabkan proses molding yang menghasilkan overflow tiap cycle. Overflow adalah waste yang berbentuk lembaran yang dihasilkan karena mekanisme pot dan piston pada mold. Pengatasan masalah ini adalah dengan perubahan metode proses dari transfer molding menjadi compression molding sehingga tidak menghasilkan overflow. Setelah dilakukan perbaikan, maka dapat terlihat hasilnya bahwa waste yang dihasilkan menjadi 42,04 gram atau hanya 9% yang terbuang dari tiap material yang dibutuhkan tiap cycle. dan pemakaian material dapat dihemat sebesar 24,14%
INCOMING LOGISTIC INFORMATION SYSTEM PT. KOMATSU MARKETING AND SUPPORT INDONESIA Wijayanti, Wiwik; Khamami, Imam; Fadillah, Rangga
Technologic Vol 4 No 2 (2013): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. KMSI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan spare part alat berat Komatsu yang diperjualbelikan di Indonesia. PT.KMSI memiliki banyak Master Parts Distribution Center (MPDC) atau vendor yang tersebar di seluruh dunia. PT.KMSI bekerjasama dengan forwarder dalam bidang logistik pengiriman spare part. Monitoring logistic berguna untuk memantau kedatangan part yang telah dibeli dari vendor ke PT.KMSI. Selain untuk memantau incoming logistic, PT.KMSI menggunakan data pengiriman part sebagai report dan penilaian terhadap kinerja forwader. Selama ini PT.KMSI melakukan monitoring secara manual dan belum adanya integrasi antar bagian di parts department. Dengan semakin bertambahnya data pengiriman, maka semakin sulit dalam melakukan monitoring pengiriman. Untuk mengatasi masalah ini, parts department PT.KMSI membuat sistem informasi incoming logistic dengan tujuan memudahkan dalam monitoring shipment, mengintegrasikan sistem monitoring parts di parts department dan automatisasi report shipment. Sistem ini dibuat menggunakan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD). Metodologi yang digunakan adalah Extreme Programming (XP) dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, basisdata Mysql 5.5.8, web server Apache 2.2.17 dan arsitektur yang digunakan adalah client–server. Dengan adanya sistem informasi incoming logistic, karyawan di parts department semakin mudah dalam melihat data shipment dan memudahkan bagian PDC & Logistics dalam membuat report shipment setiap bulan.
PEMBUATAN SISTEM KONTROL MESIN ASSEMBLY PART COVER COMP WATER OUTLET MENGGUNAKAN PLC OMRON CP1E DI PT. ASTRA OTOPARTS TBK DIVISI NUSA METAL Hidayat, Muhammad; Anas, Denny Okfiari
Technologic Vol 4 No 2 (2013): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembuatan mesin assembly didasari karena permintaan produk baru dari HPM (Honda Prospek Motor) yaitu part cover comp water outlet. Cover comp water outet merupakan salah satu komponen yang digunakan sebagai saluran sekaligus tempat thermostat pada water pump. Dalam pembuatan part cover comp water outlet, process Engineering membuat proses-proses kerja apasaja yang diperlukan untuk membuat cover comp water outlet tersebut. Menanggapi hal ini, dibuatlah pengadaan mesin-mesin baru yang mendukung proses tersebut. Salah satu mesin yang digunakan untuk proses pembuatan cover comp water outlet adalah mesin assembly. Proses assembly merupakan proses penggabungan antara part cover comp water outlet dengan part joint pipe. Mesin assembly ini berfungsi untuk assembly cover comp water outlet dengan joint pipe secara otomatis, dengan hasil kualitas assembly adalah 24 ± 0.4 mm. Oleh karena itu dibuatlah sistem kontrol mesin assembly part cover comp water outlet menggunakan PLC Omron CP1E di PT. Astra Otoparts TBK Divisi Nusa Metal. Hasil dan manfaat dari pembuatan sistem kontrol ini adalah mesin dapat berfungsi sesuai dengan permintaan custome ryang telah memenuhi standar kualitas assembly yaitu 24 ± 0.4 mm, serta dapat bekerja sesuai cycle time sehingga dapat memenuhi permintaan produksi untuk cover comp water outlet tersebut.
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM KONTROL PROTOTYPE INDEXING TABLE DENGAN SERVO MOTOR 130ST – M05025 MENGGUNAKAN SISTEM KENDALI PLC PANASONIC FP – XC30T PADA MESIN PENGEMAS Ardi, Syahril; Rahardjo, Nugroho Budi
Technologic Vol 4 No 2 (2013): Technologic
Publisher : LPPM Politeknik Astra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rencana peningkatan jumlah produksi pada perusahaan manufaktur berdampak pada penambahan waktu proses produksi. Perusahaan menargetkan penurunan waktu proses sebesar 36.6 % agar mampu mengimbangi jumlah produksi dengan jam kerja yang sama tanpa menambah jumlah operator. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan otomatisasi mesin pengemas produk pada jalur pengemasan. Langkah awal pembuatan mesin pengemas produk ini dengan membuat prototype mesin. Prototype ini dirancang dan dibuat untuk dapat merealisasikan ide-ide yang ada dengan ukuran yang sebenarnya. Mesin pengemas ini menggunakan sub mesin indexing table dengan servomotor sebagai aktuator dan sistem kendali Programmable Logic Controller (PLC). Mesin pengemas produk mampu mengemas produk secara konstan sesuai standar pengemasan dengan penurunan waktu proses sebesar 17.2 % dibanding proses manual dan menurunkan jumlah operator sebanyak 73,3 %.

Page 1 of 31 | Total Record : 305