Seiring berjalannya waktu perubahan kurikulum sering terjadi, seperti saat ini perubahan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka memberikan berbagai macam dampak. Salah satu dampak yang saya temukan dalam penelitian ini, yaitu sulitnya adaptasi guru senior terhadap perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi kurikulum merdeka pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar di wilayah Kota Surakarta. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik convenience sampling yang berjumlah dua guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan studi literatur yang selanjutnya data dikelompokkan dan dianalisis. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dasar di Kota Surakarta tersebut sudah menerapkan kurikulum merdeka dalam kegiatan pembelajaran, walaupun sekolah dan guru masih proses adaptasi. Perengkat pembelajaran dalam penerapan kurikulum merdeka tidak ada ketentuan, sehingga guru bebas mencari referensi dimanapun, yang terpenting sesuai dengan capaian pembelajaran. Sistem penilaian dalam penerapan kurikulum merdeka, guru melakukan penilaian sesuai dengan kemampuan peserta didik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023