cover
Contact Name
M.Iqbal Ihsan
Contact Email
snkpummuba22@gmail.com
Phone
+6282177709754
Journal Mail Official
snkpummuba22@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Jl. Rang Kayo Hitam, Cadika, Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, Jambi 37211
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP)
ISSN : -     EISSN : 31096166     DOI : -
Core Subject : Education,
Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan merupakan Prosiding yang memuat artikel yang telah dideseminasikan dalam kegiatan Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. SNKP berkomitmen menjadi wadah akademik bagi pakar pendidikan, Pemerhati, Akademisi, Peneliti, Mahasiswa dan Masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan pendidikan dan isu-isu pendidikan di Indonesia. Secara bekala, SNKP mampu menjadi forum pakar pendidikan dari berbagai instansi di seluruh Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 120 Documents
Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Jihad, Hafsha Alia; Harsono, Harsono
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring berjalannya waktu perubahan kurikulum sering terjadi, seperti saat ini perubahan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka memberikan berbagai macam dampak. Salah satu dampak yang saya temukan dalam penelitian ini, yaitu sulitnya adaptasi guru senior terhadap perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi kurikulum merdeka pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar di wilayah Kota Surakarta. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik convenience sampling yang berjumlah dua guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan studi literatur yang selanjutnya data dikelompokkan dan dianalisis. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dasar di Kota Surakarta tersebut sudah menerapkan kurikulum merdeka dalam kegiatan pembelajaran, walaupun sekolah dan guru masih proses adaptasi. Perengkat pembelajaran dalam penerapan kurikulum merdeka tidak ada ketentuan, sehingga guru bebas mencari referensi dimanapun, yang terpenting sesuai dengan capaian pembelajaran. Sistem penilaian dalam penerapan kurikulum merdeka, guru melakukan penilaian sesuai dengan kemampuan peserta didik
Kearifan Lokal Poda Na Lima Pada Masyarakat Angkola-Mandailing Sebagai Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Program Merdeka Belajar Siregar, Izuddinsyah; Naelofaria, Salmah
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Merdeka Belajar merupakan kemerdekaan berpikir. Konsep ini merupakan respon terhadap kebutuhan sistem pendidikan dalam telaah metode pembelajaran dan sistem pengajaran pada era Revolusi Industri 4.0. Poda Na Lima sebagai nilai kearifan lokal masyarakat Angkola-Mandailing merupakan ungkapan memberi nasehat dan ketertiban untuk membersihkan diri dan lingkungan, serta dinilai strategis dalam membangun pendidikan karakter di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data dan informasi yang diperoleh dari studi literatur, jurnal, buku, dokumen, dan lainnya dengan merangkum, menganalisis, dan menjelaskan konsep dan teori yang sesuai dengan tujuan penelitian. Poda Na Lima yang terdiri paias rohamu (bersihkan jiwamu/hatimu), paias pamatangmu (bersihkan tubuhmu/badanmu), paias parabitonmu, (bersihkan pakaianmu), paias bagasmu (bersihkan rumahmu), dan paias pakaranganmu (bersihkan lingkunganmu). Memahami Merdeka Belajar seperti yang dicanangkan oleh Mendikbud dalam sudut pandang pendidikan karakter adalah penting. Terlebih arah kebijakan baru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menjadikan Asesmen Kompetensi sebagai pengganti Ujian Nasional dan Survei Karakter. Dengan demikian, Poda Na Lima sebagai kearifan lokal memiliki peran strategis sebagai pendekatan pendidikan karakter dalam mendukung program Merdeka Belajar
Dinamika Karakter Pancasila Bagi Pelajar Marhenn, Febri Tunggal; Harsono, Harsono
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji penguatan pendidikan karakter untuk mewujudkan Pelajar Pancasila. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang mana berdasarkan hasil penelitian literatur yaitu mengumpulkan data dari jurnal, buku, tesis, berita, dan lain-lain yang topik pembahasannya berkaitan dan juga berhubungan dengan pada pembahasan artikel ini. Setelah mengumpulkan data sumber literatur yang berkaitan dengan artikel ini, maka dilanjutkan dengan menganalisis penelitian artikel ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan Pelajar Pancasila pada dasarnya adalah mendorong lahirnya manusia yang baik, yang memiliki enam ciri utama, yaitu bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global dengan harapan agar peserta didik memiliki kemampuan secara mandiri dalam meningkatkan, menggunakan pengetahuannya, mengkaji, dan meninternalisasi serta memersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia yang dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari oleh peserta didik
Analisis Kebutuhan Pengembangan Majalah Berbasis Nilai-Nilai Pancasila pada Kelas V Sekolah Dasar Saptaningrum, Junia; Pritasari, Ade Cyntia
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Variasi penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran menjadi salah satu komponen penting yang mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi penggunaan bahan ajar untuk pembelajaran di sekolah dasar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan majalah berbasis nilai-nilai Pancasila. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan berupa angket (kuesioner). Angket diberikan kepada 18 siswa kelas V UPTD SDN Telang 2 pada 12 September 2022. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 50% siswa menyatakan jika materi pembelajaran hanya bersumber dari buku paket. Selanjutnya 88,9% siswa merasa bosan pembelajaran menggunakan buku paket. Kemudian, 72,2% siswa menyukai bahan ajar yang berwarna cerah dan tampilan menarik serta 100% siswa menyukai bahan ajar yang didalamnya terdapat kumpulan cerita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu dikembangkan bahan ajar berupa majalah berbasis nilai-nilai Pancasila pada tema 7 subtema 3 Sekolah Dasar
Strategi Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SDN 1 Cinisti Sulastri, Ella; Fatonah, Nurul
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik, yang dapat membantu siswa dalam memahami proses pembelajaran, namun kemampuan literasi dan numerasi di sekolah masih terbilang rendah, maka untuk membantu dalam meningkatkan literasi dan numerasi pemerintah mengadakan program mengenai kampus mengajar. Tujuan dari penilitian ini yaitu membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui program kampus mengajar. Salah satu mitra sekolah yang menjadi sasaran yaitu SDN 1 Cinisti yang terletak di Desa Kaliki, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Objek yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas III, permasalahan yang dialami siswa kelas III yaitu masih rendahnya kemampuan literasi dan numerasi. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil yang di peroleh melalui program kampus mengajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa kelas III memberikan perubahan dalam diri peserta didik, peserta didik yang semula tidak bisa membaca dan berhitung kini bisa meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi melalui program kampus mengajar yang telah dilakukan. Dengan demikian untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa kelas III, perlu adanya kebiasaa baru yang harus dilakukan, salah satunya dalam proses pembelajaran pendidik senantiasa menggunakan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, selain itu juga sarana dan prasaran sekolah tentunya harus memadai agar kebutuhan yang siswa terpenuhi, dan perlu adanya kerjasama serta peran orang tua dalam meningkatkan literasi dan numerasi bagi peserta didik
Eksistensi Model Project Based Learning di Sekolah Dasar dalam Mendukung Program Merdeka Belajar Syahlan, Ia Dahlia; Hidayat, Dede Rahmat; Hidayat, Otib Satibi
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsep Merdeka Belajar merupakan kebijakan baru dalam dunia pendidikan nasional. Kurikulum Merdeka hadir untuk menyempurnakan kurikulum 2013. salah satu model unggulan yang diterapkan pada kurikulum Merdeka adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mendeskripsikan kajian mengenai penerapan model PjBL dalam kurikulum Merdeka di sekolah dasar beserta hambatan dan sousinya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dari buku dan 40 artikel yang berkaitan dengan Merdeka Belajar dan penerapan model Project Based Learning (PjBL) di sekolah dasar. Informasi yang ditemukan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prinsip model PjBL sejalan dengan prinsip Merdeka Belajar. Namun pada praktiknya, penerapan model PjBL masih mengalami hambatan. Hambatan tersebut adalah: manajemen waktu yang kurang baik; guru dan siswa belum memahami konsep PjBL; kurangnya motivasi guru dan siswa; dan fasilitas belum memadai. Pada bagian akhir artikel, peneliti menyajikan alternatif solusi yang dapat dipertimbangkan lebih lanjut oleh guru, sekolah dan perancang kurikulum guna mengatasi masalah yang terjadi selama pelaksanaan PjBL di sekolah dasar.
Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Qs Luqman Ayat 12-15 Dan Implementasinya Di Taman Kanak-Kanak Assidiqi, Ali Hasan; Sadiyah, Dini; Salama, Salama
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seorang anak pada usia dini memiliki pemahaman yang kuat dalam menerima pendidikan. Keluarga atau orang tua sangat berpengaruh terhadap masa depan anak-anak mereka dalam berbagai tingkatan. Pendidikan Islam merupakan upaya pengembangan kodrat manusia dalam rangka mewujudkan kehidupan manusia yang sejahtera dan bahagia. Selain pendidikan agama yang diberikan orang tua kepada anak, lingkungan sosial anak seperti sekolah teman dan lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap pembentukan kepribadian anak. Penelitian ini mengunakan penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber-sumber dari data premier dan sekunder. Dalam menganalisa data yang telah terkumpul penulis menggunakan analisis data (content analysis) dari beberapa tafsir. Hasil menunjukkan Konsep pendidikan anak usia dini yang terkandung dalam surah Al-Qur'an Luqman ayat 12-15 terdapat beberapa konsep tentang pendidik anak usia dini, yaitu, 1) Sebagai pendidik dalam hal ini orang tua perlu mencurahkan kasih sayang dan perhatian yang cukup kepada anak-anaknya, 2) mengajarkan anak tentang pendidikan tauhid, yaitu berdoa untuk Allah, 3) orang tua harus meletakkan dan menyesuaikan sesuatu pada tempatnya, atau dengan kata lain mengajarkan anak pada sesuatu yang sesuai dengan minatnya, kemampuan dan bakat, 4) Pendidikan jasmani/jasmani anak harus dimulai sejak dini, melalui pemberian ASI kepada anakdan 5) Pendidikan Ahklak yang berkaitan dengan kehidupan. Implementasi yang bisa diterapkan di Taman Kanak-Kanak meliputi: 1) Guru memperhatikan anak-anak dengan baik yang kemudian juga dilanjutkan oleh orangtua, sehingga adanya pendampingan dan parenting bagi orangtua terhadap anak, 2) memberi pengetahuan tentang agama terutama tentang ketuhanan kepada Allah Swt dengan lagu-lagi, 3) mengembangkan bakat dengan adanya berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik bagi anak, 4) adanya olahraga bersama baik senam dll dan 5) memberi pengetahuan dan kebiasaan beraklakh misal berdoa sebelum belajar, bersalaman dan lainnya.
Manajemen Hubungan Masyarakat TK Pertiwi Karanganyar Dengan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Handayani, Fitri; Nurfauadi, Nurfauadi
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hubungan Masyarakat yang sering disingkat humas, saat ini merupakan hal yang penting di sebuah lembaga pendidikan. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen hubungan masyarakat di lembaga pendidikan jenjang Taman Kanak-kanak, rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaiman menajemen hubungan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di TK. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Metode penelitan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahawa manajemen hubungan masyarakat yang baik di lembaga TK dengan masyarakat akan mempengaruhi kualitas penyelenggaraan pendidikan. Keterbatasan sumber daya manusia di TK tidak menjadi halangan bagi kepala sekolah sebagai top manajer untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, mengawasi dan mengevaluasi fungsi humas di Taman Kanak-kanak.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Kemampuan Analisis Pada Materi Laju Reaksi Siskus kota, Marianus Frans; Damayanti, Dita Rofiqa
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembar kerja peserta didik berorientasi inkuiri terbimbing bertujuan untuk melatihkan kemampuan analisis pada materi laju reaksi. LKPD ini disusun berdasarkan komponen kemampuan analisis meliputi analisis unsur, hubungan, dan prinsip-prinsip organisasi. Kelayakan LKPD yang dibahas meliputi: (1) validitas yang ditinjau dari kriteria isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan, (2) kepraktisan yang ditinjau dari aktivitas peserta didik, dan (3) keefektifan yang ditinjau dari tes kemampuan analisis. Subjek dan Metode: Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 6 SMAN 1 Kamal Bangkalan pada materi pokok laju reaksi dengan sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, dengan mengacu pada metode Research and Development (R&D) (Sugiyono, 2011). Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas XI dengan metode pra eksperimen berupa one group pretest-posttest design. Hasil: Lembar kerja peserta didik memperoleh persentase ≥ 61% untuk setiap kriteria validitas isi dan konstruk sehingga lembar kerja peserta didik dinyatakan valid. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan rata-rata hasil validitas isi dengan kriteria 1,2, dan 3 bertutut-turut sebesar 87,5%; 84,375%; 79,165%. Rata-rata hasil validitas konstruk ditinjau dari bahasa, grafis, dan penyajian berturut-turut sebesar 95,835%; 84,375%, 87,5%. Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dinyatakan memiliki kepraktisan ditinjau dari aktivitas peserta didik dengan persentase kegiatan yang relevan pada pertemuan I dan II memiliki ≥61%. Secara keseluruhan, kegiatan yang relevan pada pertemuan I dan II berturut-turut sebesar 86,3% dan 92,5%. Ini menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran sebanyak dua kali pertemuan menggunakan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan sudah sesuai dengan tahapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam melatih kemampuan analisis baik komponen analisis unsur. Lembar kerja yang dikembangkan penniliti dinyatakan efektif ditinjau apabil 80% peserta didik mendapatkan N-Gain score minimal 0,3 atau dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komponen analisis unsur sebanyak 93,5% peserta didik memperoleh nilai tuntas, dengan persentase perolehan skor pada kriteria tinggi, sedang dan rendah masing-masing 77,4%; 19,4%; dan 3,2%. Pada komponen analisis hubungan, 83,9% peserta didik memperoleh nilai tuntas dengan persentase perolehan skor pada kriteria tinggi, sedang, dan rendah masing-masing 77,4%; 12,9%; dan 9,7%. Pada komponen analisis prinsip organisasi, 96,8% peserta didik memperoleh nilai tuntas, dengan persentase perolehan skor pada kriteria tinggi, sedang, dan rendah masing-masing 83,9%; 16,1%; dan 0%. Kesimpulan: Melalui penelitian ini diketahui bahwa llembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak ditinjau dari kevalidan (validitas isi dan konstruk), kepraktisan, dan keefektifan.
Penerapan Literasi Digital dan Literasi Ekonomi Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0 Janah, Aulia Nurul; Harsono, Harsono
PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP) Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2023
Publisher : LPPM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi digital dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mempelajari, dan memanfaatkan berbagai sumber media dalam berbagai bentuk. Penggunaan media digital itu sendiri untuk tujuan pendidikan dianggap sebagai langkah untuk mempersiapkan dan meningkatkan generasi muda di era globalisasi. Dan untuk literasi ekonomi didefinisikan sebagai salah satu faktor dalam mempengaruhi tingkat kesejahteraan. Literasi ekonomi sangat perlu diajarkan kepada peserta didik agar mereka dapat hidup di tengah-tengah masyarakat modern era society 5.0. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk menjelaskan pentingnya penerapan literasi digital dan literasi ekonomi dalam penguatan karakter peserta didik di era society 5.0. Metode penelitian menggunakan kualitatif melalui studi kepustakaan. Hasil menunjukkan bahwa teknologi atau media digital berkembang begitu pesat. Hal ini mengharuskan setiap orang untuk menyadari pentingnya teknologi digital terutama dalam dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, dengan adanya teknologi ini peserta didik dan pendidik menjadi lebih terfasilitasi dalam melakukan kegiatan belajar mengajarnya dan dapat mengerjakan segala sesuatunya menjadi lebih cepat, mudah, serta efisien. Kemajuan teknologi memberikan pengaruh besar bagi dunia pendidikan. Pada era society 5.0 sangat dibutuhkan dalam peningkatan literasi digital dan literasi ekonomi yang disertai dengan penguatan pendidikan karakter. Dengan pemahaman literasi digital dan literasi ekonomi yang dimiliki maka peserta didik akan semakin bijak dan cerdas dalam pemenuhan kebutuhan di era society 5.0.

Page 1 of 12 | Total Record : 120