Penelitian ini bertujuan mengkaji penguatan pendidikan karakter untuk mewujudkan Pelajar Pancasila. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang mana berdasarkan hasil penelitian literatur yaitu mengumpulkan data dari jurnal, buku, tesis, berita, dan lain-lain yang topik pembahasannya berkaitan dan juga berhubungan dengan pada pembahasan artikel ini. Setelah mengumpulkan data sumber literatur yang berkaitan dengan artikel ini, maka dilanjutkan dengan menganalisis penelitian artikel ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan Pelajar Pancasila pada dasarnya adalah mendorong lahirnya manusia yang baik, yang memiliki enam ciri utama, yaitu bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global dengan harapan agar peserta didik memiliki kemampuan secara mandiri dalam meningkatkan, menggunakan pengetahuannya, mengkaji, dan meninternalisasi serta memersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia yang dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari oleh peserta didik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023