Variasi penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran menjadi salah satu komponen penting yang mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi penggunaan bahan ajar untuk pembelajaran di sekolah dasar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan majalah berbasis nilai-nilai Pancasila. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan berupa angket (kuesioner). Angket diberikan kepada 18 siswa kelas V UPTD SDN Telang 2 pada 12 September 2022. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 50% siswa menyatakan jika materi pembelajaran hanya bersumber dari buku paket. Selanjutnya 88,9% siswa merasa bosan pembelajaran menggunakan buku paket. Kemudian, 72,2% siswa menyukai bahan ajar yang berwarna cerah dan tampilan menarik serta 100% siswa menyukai bahan ajar yang didalamnya terdapat kumpulan cerita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu dikembangkan bahan ajar berupa majalah berbasis nilai-nilai Pancasila pada tema 7 subtema 3 Sekolah Dasar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023