Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik, yang dapat membantu siswa dalam memahami proses pembelajaran, namun kemampuan literasi dan numerasi di sekolah masih terbilang rendah, maka untuk membantu dalam meningkatkan literasi dan numerasi pemerintah mengadakan program mengenai kampus mengajar. Tujuan dari penilitian ini yaitu membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui program kampus mengajar. Salah satu mitra sekolah yang menjadi sasaran yaitu SDN 1 Cinisti yang terletak di Desa Kaliki, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Objek yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas III, permasalahan yang dialami siswa kelas III yaitu masih rendahnya kemampuan literasi dan numerasi. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil yang di peroleh melalui program kampus mengajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa kelas III memberikan perubahan dalam diri peserta didik, peserta didik yang semula tidak bisa membaca dan berhitung kini bisa meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi melalui program kampus mengajar yang telah dilakukan. Dengan demikian untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa kelas III, perlu adanya kebiasaa baru yang harus dilakukan, salah satunya dalam proses pembelajaran pendidik senantiasa menggunakan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, selain itu juga sarana dan prasaran sekolah tentunya harus memadai agar kebutuhan yang siswa terpenuhi, dan perlu adanya kerjasama serta peran orang tua dalam meningkatkan literasi dan numerasi bagi peserta didik
Copyrights © 2023