Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis tertulis peseerta didik kelas VIII pada materi relasi dan fungsi dengan model problem based learning. Subjek penelitian yang dipilih merupakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang yang berjumlah 6 orang menurut kriteria tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara pada materi relasi dan fungsi yang mengarah pada indikator kemampuan komunikasi matematis yang berjumlah 3 soal essay. Wawancara yang digunakan yaitu semi terstruktur. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari 3 tahap, yaitu: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan; 3) tahap analisis data. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan deskripsi dan analisis hasil penelitian yang telah dilakukan diantaranya dari 24 peserta didik yang diteliti, jumlah peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi ada 6, kategori sedang ada 10, dan kategori rendah ada 8 peserta didik. Untuk rata-rata nilai tes peserta didik berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor sebesar 76,25%. Hasil penelitian ini akan menunjukkan bagaimana kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik kelas VIII pada materi relasi dan fungsi dengan model problem based learning.
Copyrights © 2023