Pendidikan lingkungan hidup memiliki peranan didalam membentuk sikap peduli dan menghargai lingkungan peserta didik. Pendidikan lingkungan hidup semakin penting dewasa ini untuk mewujudkan kesadaran lingkungan dengan penerapan susuana lingkungan belajar yang menunjang proses pembelajaran sebagaimana mestinya. Pendidikan lingkugan juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kondisi lingkungan menjadi lebih baik dimana saat ini kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh manusia semakin meluas diberbagai daerah. Pengenalan pendidikan lingkungan kepada anak usia dini bertujuan untuk membentuk sikap peduli dan menghargai lingkungan sehingga dengan pembentukan sikap dan karakter yang dimulai sejak dini dapat membiasakan peserta didik untuk peduli dan menghargai lingkungan saat dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan lingkungan hidup anak usia dini di Taman kanak-kanak Tunas Harapan, Kecamatan Tualang Timur, Kabupaten Siak Sri Indrapura dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memperkenalkan dan menjelaskan kepada peserta didik mengenai kondisi lingkungan yang bersih serta aplikasinya dalam kegiatan sehari hari seperti pelaksanaan gotong royong pembersihan kelas, penanaman bunga serta menjaga kebersihan taman sekolah.
Copyrights © 2023