Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Seseorang dapat menyampaikan beragam informasi yang diperoleh kepada orang lain melalui bahasa yang digunakan. Pendidikan tingkat sekolah dasar merupakan tempat terbaik untuk memperkenalkan bahasa Indonesia sejak usia dini. Selain bahasa, pendidikan sekolah dasar juga menjadi salah satu tempat untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, seperti nilai-nilai religius, cinta tanah air, jujur, disiplin dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan kajian literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan jurnal, buku dan artikel. Hasil penelitian didapatkan bahwa dengan diintegrasikannya mata pelajaran bahasa Indonesia dengan nilai-nilai karakter religius dapat meningkatkan mutu peserta didik untuk menjadi manusia yang cerdas, berwawasan luas, mampu mengelola dan mengendalikan diri, serta bermoral. Bahasa Indonesia untuk peserta didik SD/MI berfokus pada penguasaan berbahasa dengan tujuan untuk mengasah dan membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi atau kemampuan menerapkan bahasa Indonesia dengan tepat untuk berbagai tujuan dan dalam konteks yang berbeda. Urgensi karakter religius dalam pembelajaran bahasa indonesia untuk mencetak generasi yang unggul dan bermoral dalam kehidupan sehari-hari, membentuk sifat religius peserta didik melalui program keteladanan dan pembiasaan yang diterapkan oleh sekolah serta meningkatkan mutu peserta didik agar menjadi manusia yang memiliki intelektual, emosional, dan spiritual
Copyrights © 2023