Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan PTK dalam penelitian ini adalah adanya siklus-siklus yang terdiri dari 4 tahapan. Adapun tahapan-tahapan ini adalah (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah model deskriptif Dari penelitian ini di dapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang di terapkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan belajar siswa kelas dari nilai rata-rata yang sebelum di lakukannya model Problem based learning sebesar 76,0 dapat meningkat sebesar 5 menjadi 81,0 setelah di jalankannya Problem Based Learning dalam pembelajaran. Selanjutnya penelitian lebih banyak menggunakan artikel - artikel yang terkait dengan Problem Based Learning dan juga data diperoleh lebih luas serta mendalam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023