Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah suatu alternatif yang dapatdiperluas dan diimplementasikan untuk mengubah peran siswa menjadi pusat dari prosespembelajaran. Dengan menggunakan model PBL, siswa terlibat dalam tantangan untukmempelajari bagaimana mereka bisa belajar secara efektif dan bekerja sama dalammenyelesaikan masalah dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpenggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dalam pembelajaran IlmuPengetahuan Alam (IPA) di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalahdeskripsi dengan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan proses pembelajaran. Subjekpenelitian meliputi peserta didik dan guru sekolah dasar. Teknik pengumpulan data meliputiobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasilmemaksimalkan proses pembelajaran menggunakan model PBL dalam pembelajaran IPA.Sekolah telah melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan baik, menggunakan modulpembelajaran dan LKPD. Semua tahapan PBL dijalankan secara konsisten. Gurumembimbing peserta didik melalui kegiatan kelompok untuk merumuskan hipotesis,melakukan eksperimen, dan mempresentasikan hasil. Evaluasi menunjukkan bahwameskipun ada kendala seperti kesulitan dalam mengidentifikasi masalah dan kurangnyakepercayaan diri, PBL efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis danketerampilan ilmiah peserta didik. Dukungan dan bimbingan tambahan dari guru diperlukanuntuk mengatasi kendala tersebut.
Copyrights © 2024