Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP)
Vol. 2 (2024): Prosiding Seminar Keguruan dan Pendidikan (SNKP) 2024

Desain E-Modul Model Pembelajaran Dilemma-STEAM Pada Materi Pengukuran Kelas

Fitria Putri Setyaningrum (Unknown)
Nasbey, Hadi (Unknown)
Rahmawati, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Pengembangan e-modul pembelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran Dilemma-STEAM pada materi pengukuran kelas X ini bertujuan untuk memberikan media pembelajaran yang efektif dalam membantu peserta didik memahami konsep fisika khususnya pada materi pengukuran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Materi pengukuran merupakan materi dasar pada pelajaran fisika, namun masih kurangnya pemahaman peserta didik mengenai hubungan materi pengukuran dengan kehidupan sehari-hari menyebabkan rendahnya pemahaman peserta didik. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) menggunakan data kualitatif dan kuantitaif dengan pengumpulan data antara lain menggunakan kuisioner mengenai kebutuhan media pembelajaran dan kebutuhan peserta didik mengenai e-modul dalam pembelajaran fisika serta melalui analisis literatur. Hasil penelitian menunjukkan 88,9% penggunan media belajar digital dapat mempermudah proses belajar dan 52,8% menyatakan kesulitannya dalam pembelajaran fisika adalah menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pengembangan e-modul ini dilengkapi dengan contoh-contoh permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari serta didukung dengan fitur-fitur interaktif seperti, gambar, audio, video, simulasi, dan kuis. E-modul ini disusun berdasarkan sintaks belajar Dilemma-STEAM dimulai dengan tahap refleksi, eksplorasi, elaborasi, integrasi dan diakhiri dengan tahap transformasi. Pada tahap integrasi akan dilakukan pengerjaan proyek STEAM seperti pembuatan alarm kebakaran dengan sensor suhu, alat peringatan banjir, serta alat pengukur kecepatan angin sederhana. Pada akhirnya desain e-modul yang berbasis Dilemma-STEAM dapat diakses melalui aplikasi Canva menggunakan perangkat elektronik dapat memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SNKP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan merupakan Prosiding yang memuat artikel yang telah dideseminasikan dalam kegiatan Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan (SNKP) yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. SNKP berkomitmen ...