Kurikulum merupakan suatu rancangan atau sistem yang memuat rencana dan prosespembelajaran yang dilaksanakan di lembaga pendidikan. Kurikulum merupakan salah satutolak ukur keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang kurikulumpembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai sekolah dasar berbasis Islam, kurikulumyang digunakan SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin pada umumnya adalah kurikulum2013. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kurikulumkhusus yang disebut kurikulum Al-Islam, Muhammadiyah dan Pendidikan Bahasa Arab(ISMUBA). . Kurikulum ISMUBA merupakan kurikulum yang dirancang khusus untukmeningkatkan mutu pendidikan Muhammadiyah dengan memperhatikan perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi serta harapan masyarakat. Pembelajaran bahasa Arab padaKurikulum ISMUBA dimulai dari kelas 4 sampai kelas 6. Namun di sekolah inipembelajaran bahasa Arab sudah dilaksanakan mulai kelas 3 SD sebagai persiapanmemasuki kelas 4 SD. Materi yang diajarkan di kelas 3 merupakan materi dasar sepertipengenalan kosakata, perlengkapan kosa kata di kelas, berhitung dalam bahasa arab, kataganti dan lain sebagainya. Materi yang diajarkan di kelas 4 sampai kelas 6 merupakanmateri yang sesuai dengan buku pegangan khusus terbitan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.Pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini pada dasarnya berorientasi pada 2 arah yaitubahasa Arab aktif dan pasif. Pengalaman belajar bahasa Arab yang diberikan dominanberupa pengenalan kosa kata, percakapan sederhana tentang kehidupan sehari-hari danmembaca teks pendek berbahasa Arab. Metode yang paling dominan digunakan guruadalah metode hafalan dan metode lain sesuai materi yang diajarkan. Evaluasi yangdigunakan dalam pembelajaran berupa ujian tertulis.
Copyrights © 2024