Latar Belakang: Kemampuan membaca ialah salah satu unsur yang sangat penting pada anak usia dini yang diperoleh dari pendidikan Taman Kanak-kanak. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini dengan menggunakan media Flashcard. Flashcard mampu membantu meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini karena dapat memperkenalkan huruf dan kosa kata baru serta juga meningkatkan keterampilan kognitif dan berfikir kritis pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan Flashcard dalam menumbuhkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Metode: Metode penelitian ini yakni Studi Pustaka (Library Research) dengan menganalisis dan menelaah beberapa referensi dari beragam sumber yang disesuaikan dengan topik penelitian. Hasil: Berdasarkan hasil analisis dan telaah, Flashcard terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini, keberhasilan pembelajaran juga dipengaruhi oleh pendampingan dari pendidik atau orangtua, anak usia dini serta konsistensi penggunaan dalam pembalajaran. Kesimpulan: Hasil Studi Pustaka (Library Research) ini diharapkan dapat memberi landasan bagi pengembangan media Flashcard yang lebih efektif dan menarik bagi anak usia dini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025