JIM Sendratasik
Vol 8, No 4 (2023): NOVEMBBER 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH JABAL NUR

Arrayyan, Ahyar (Unknown)
Ismawan, Ismawan (Unknown)
Hartati, Tengku (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2023

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kaligrafi Arab di Madrasah Tsanawiyah Jabal Nur, telah dilakukan pada kelas VII MTsS Jabal Nur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kualitas pembelajaran Kaligrafi Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak lima puluh tiga siswa, dengan kelas eksperimen sebanyak dua puluh enam siswa, dan kelas kontrol sebanyak dua puluh tujuh siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Data yang diperoleh sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menggunakan analisis data statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi Spss dan analisis data statistik inferensial, yaitu uji hipotesis yang dilakukan melalui syarat uji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Kaligrafi Arab, hal tersebut diperoleh dari hasil observasi aktifitas proses pembelajaran dan diperoleh berdasarkan nilai statistik uji welcoxon, diketahui Asymp. Tanda tangan. (2-tailed) kelas eksperimen bernilai 0,002, dan nilai Asymp. Tanda tangan. (2-tailed) kelas kontrol sebesar 0,055. Karena nilai kelas kontrol 0,055 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa pada kelas kontrol hipotesis ditolak. Sedangkan kelas eksperimen nilai Asymp. Tanda tangan. (2-tailed) yaitu 0,002 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan hasil belajar Kaligrafi Arab untuk Pretest dan Posttest, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa ada pengaruh peningkatan kualitas pembelajaran Kaligrafi Arab dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kaligrafi Arab, Project Based Learning, Kualitas Pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sendratasik

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ILMIAH MAHASISWA (JIM) SENDRATASIK Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Sendratasik adalah karya tulis ilmiah mahasiswa Program Studi Pendidkan Seni Drama, Tari dan Musik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala yang merupakan hasil penelitian skripsi. Jurnal ini berisi tentang ...