Penelitian yang berjudul Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Seni Musik (Vokal) Pada Siswa Kelas VII SMPN 5 Meulaboh,. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap peningkatan pengetahuan seni musik dan kemampuan bernyanyi siswa kelas VII SMPN 5 Meulaboh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga puluh sembilan orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas belajar siswa, pre-test, post-test dan nilai statistik uji wilcoxon, diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) kelas eksperimen 0,000 dan nilai Asymp. Sig (2-tailed) kelas kontrol 0,522. Karena nilai kelas kontrol 0,522 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa pada kelas kontrol hipotesis ditolak. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi seni musik (vokal) untuk pre-test dan post-test, sehingga disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil kemampuan belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning di SMPN 5 Meulaboh.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, seni musik (vokal)ABSTRACT
Copyrights © 2023