Penggunaan media audiovisual sebagai media pembelajaran dapat membangkitkan minat siswa dan meningkatkan keefektifan proses dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran seni tari dikelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan uji T.Data yang diperoleh untuk penelitian tersebut didapat melalui pembagian lembar pretest dan posttest kepada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Diketahui bahwa |t hitung| yaitu |-6,738|. Karena |t hitung| |t tabel| yaitu |6,738| |2,045| dan P-value = 0 0,05. Maka H0 ditolak. Begitupun dengan hasil uji kelas control, diketahui bahwa |t hitung| yaitu |0,268|. Karena |t hitung| |t tabel| yaitu |0,268| |2,045| dan P-value = 0,791 0,05. Maka H0 diterima. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pada hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dengan penggunaan media audiovisual pada kelas eskperimen dan juga proses pembelajaran menjadi efektif setelah menggunakan media audiovisual. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa terhadap penggunaan media audiovisual berhasil dengan baik,dan dapat dilihat dari antusias siswa saat proses belajar dengan penggunaan media audiovisual tampak lebih cepat dalam memahami pelajaran dibanding dengan yang menggunakan metode ceramah.Kata Kunci : Pengaruh Media AudioVisual, Pembelajaran Seni Tari
Copyrights © 2023