Proses pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara tradisional di Indonesia sering kali melibatkan antrean panjang di kantor SAMSAT . Pemerintah mulai mengembangkan sistem layanan yang berbasis teknologi, seperti aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) yang dirancang untuk mempermudah masyarakat informasi dalam membayar pajak kendaraan dan mengesahkan STNK tahunan secara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis penerapan aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) melalui aspek Katalog, Transaksi, Integrasi Vertikal dan Intergasi Horizontal. Tujuannya untuk mengidentifikasi dampak penerapan SIGNAL SAMSAT terhadap pelayanan pajak di Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) meningkatkan efisiensi pelayanan, mengurangi antrean di kantor SAMSAT, dan mempercepat proses pembayaran pajak. Namun, kendala seperti keterbatasan akses jaringan, kemampuan teknologi masyarakat, dan ketidakmampuan aplikasi mengenai pembayaran pajak tertentu masih menjadi tantangan. Secara keseluruhan, aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) memberikan dampak positif pada transparansi, kemudahan akses, dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pajak kendaraan bermotor di Tulungagung. Kata Kunci : Pelayanan, Aplikasi SIGNAL SAMSAT , Pajak Kendaraan Bermotor.
Copyrights © 2024