Edukris: Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Vol. 1 No. 01: Februari 2025

Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Kelas VI SD Inpres Desa Otto

Kobi, Sifrianto (Unknown)
Adu, Mariyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Inpres desa Otto, untuk mengeksplorasi pengaruh Metode Ceramah terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen pada siswa kelas VI. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kualitas guru, gaya belajar siswa, dan faktor psikologis. Metode Penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kuantitatif analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Ceramah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, meskipun faktor lain juga berperan. Kurangnya prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen disebabkan oleh kurangnya kreativitas guru, motivasi belajar siswa, dan interaksi dalam pembelajaran. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Studi ini memberikan kontribusi penting dalam pengajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Inpres Otto, menegaskan bahwa Metode Ceramah memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukristen

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Edukris merupakan jurnal daring yang memuat hasil-hasil penelitian para pendidik, baik di lingkungan Sekolah Tinggi Teologi Bethel The Way, Jakarta maupun lembaga lain yang memiliki kajian serupa di bidang pendidikan agama Kristen di gereja, keluarga, masyarakat, dan sekolah serta pendidikan ...