LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2023): LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Shintia Sasmia (Unknown)
Riswanti Rini (Unknown)
Amrina Izzatika (Unknown)
Supriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan sumber belajar perpustakaan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Metode penelitian ini adalah ex-post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 83 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 83 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD dengan koefisien korelasi 0,859 berada pada taraf “sangat kuat”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Limeemas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

Journal LIMEEMAS (LEADERSHIP, INOVATION, MOTIVATION, ENTREPRENEUR EDUCATION, MANAGERIAL, ADMINISTRATION, AND SUPERVISION) focuses on research on Management and Education Change/classroom management, education quality Computers in educational administration, multimedia environments Distance ...