Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran broadcasting di SMK Negeri 2 Pekalongan terhadap peningkatan kreativitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner terbuka dan wawancara semi-terstruktur yang melibatkan siswa kelas XI jurusan Broadcasting Perfilman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas siswa secara signifikan. Multimedia memfasilitasi pemahaman konsep yang kompleks melalui visualisasi, video, dan simulasi praktik yang lebih interaktif dan menarik. Namun, beberapa kendala diidentifikasi, antara lain keterbatasan fasilitas, kurangnya penguasaan aplikasi, serta minimnya pelatihan bagi guru. Hambatan tersebut mempengaruhi efektivitas implementasi multimedia dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran, diperlukan dukungan sarana prasarana yang memadai serta peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi multimedia. Temuan ini mengindikasikan bahwa multimedia berpotensi besar sebagai media pembelajaran yang efektif jika diimbangi dengan kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang memadai.
Copyrights © 2025