Penelitian ini mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) berbasis content video pada materi statistika ukuran penyebaran data di MAN Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan sintaks model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning, PjBL) dalam konteks pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan siswa sebagai partisipan utama. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi saat mengerjakan proyek video. Fokus penelitian ini adalah bagaimana setiap tahap dalam sintaks PjBL, mulai dari penentuan pertanyaan mendasar, perencanaan proyek project), penjadwalan kegiatan, pelaksanaan proyek dengan bimbingan guru, pengujian dan evaluasi hasil proyek, refleksi dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum sintaks PjBL terlaksana dengan baik, dan sudah sesuai dengan kejadian lapangan. Penelitian ini memberikan gambaran empiris tentang implementasi sintaks PjBL dan menjadi dasar bagi pengembangan model pembelajaran berbasis proyek di berbagai konteks pendidikan.
Copyrights © 2024