Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 4 (2025): Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan

Analisis Tingkat Stres Akademik Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah

Siti Fatimah (Unknown)
Jesi Alexander Alim (Unknown)
Zakiah Ulya (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Stres akademik merupakan kondisi tekanan yang dialami mahasiswa akibat tuntutan akademik. Kondisi ini penting untuk diteliti karena dapat memengaruhi motivasi belajar, prestasi akademik, dan kesehatan mental mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat stres akademik yang dialami  mahasiswa PGSD semester V dalam menyelesaikan tugas kuliah dengan meninjau  aspek stres terkait ekspektasi akademik, stres terkait tugas dan ujian, serta stres terkait persepsi diri akademis. Metode  penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui  angket berbasis skala Likert yang disebarkan kepada 31 mahasiswa PGSD semester V. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif untuk melihat rata-rata,  presentase dan kategori stres akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban  tugas kuliah menjadi aspek dominan penyebab stres dengan kategori tinggi (mean 20, 19, 85,34%), diikuti ekspektasi akademik dalam kategori sedang (mean 16,10, 72, 58%), dan persepsi diri akademis dalam kategori sedang (mean 14, 32, 69,17%). Temuan  ini menegaskan bahwa mahasiswa PGSD semester V mengalami stres akademik pada level sedang hingga tinggi, yang dapat berdampak pada motivasi belajar, prestasi  akademik, dan kesehatan mental.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Hardik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen. Jurnal ini adalah Jurnal Pendidikan yang bersifat ...