Bahasa Indonesia: Di era digitalisasi, perbankan menghadapi persaingan yang ketat. Intensitas persaingan yang semakin meningkat menuntut perbankan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan memberikan layanan dan produk yang berkualitas dan dapat memuaskan nasabah dibandingkan dengan bank lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Panakkukang Mas Makassar, mengetahui pengaruh kualitas komunikasi terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Panakkukang Mas Makassar, mengetahui pengaruh kualitas komunikasi dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Panakkukang Mas Makassar. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dan menggunakan analisis regresi berganda, dengan melihat hubungan antara kualitas komunikasi dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas komunikasi (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah dan kualitas produk (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah, dapat disimpulkan bahwa kualitas komunikasi dan kualitas produk jika diuji secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah
Copyrights © 2024