Penelitian ini berawal dari masalah pembelajaran masih berpusat pada pendidik dan peserta didik tidak mau bertanya dan pasif dalam proses pembelajaran, banyak peserta didik yang tidak memperhatikan, dan juga siswa yang belum lancar dalam membaca dan ada beberapa siswa yang bersuara dalam membaca. Seperti membaca suara dan ada juga siswa yang terbatah – batah dalam membaca. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik masih rendah tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan strategi Guide Reading di kelas IV SD Negeri 289/VI Lubuk Pungguk 11. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan keterampilan membaca di kelas IV SDN 289/VI Lubuk Pungguk 11. Rincian hasil observasi pendidik pada siklus I sebesar 69% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi siswa pada siklus I dengan presentase sebesar 66% kategori cukup dan siklus II sebesar 82% kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I 57% cukup (tuntas) pada siklus II 89% kriteria baik/sangat baik (tuntas). Disimpulkan bahwa penggunaan strategi Guide Reading dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman
Copyrights © 2025