Temuan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peranan guru didalam memotivasi belajar siswa kelas 3 SD Negeri 179/VI Durian Rambun untuk meningkatkan keterlibatan serta juga hasil belajar. Tujuan temuan adalah untuk mengidentifikasi serta juga menganalisis strategi motivasi yang juga diterapkan oleh guru serta tantangan yang juga dihadapi didalam proses pembelajaran. Temuan menggunakan metode kualitatif dengan responden sebanyak lima orang, dilaksanakan pada tanggal 19-20 Mei 2025. Data dikumpulkan melalui observasi serta juga wawancara mendalam, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil temuan menunjukkan bahwasanya guru menerapkan berbagai strategi motivasi seperti penggunaan media pembelajaran interaktif, interaksi aktif, serta juga variasi metode pengajaran yang juga efektif meningkatkan semangat belajar siswa. Namun, terdapat kendala pada pemberian apresiasi yang juga kurang konsisten serta juga komunikasi yang juga minim dengan orang tua siswa. Rekomendasi diberikan agar peningkatan apresiasi serta juga sinergi antara sekolah serta juga orang tua lebih ditingkatkan guna menciptakan lingkungan belajar yang juga kondusif serta juga berkelanjutan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025