EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Volume 4 Nomor 1 Oktober 2024

Peran Kepemimpinan Guru di SMK Laniang Makassar

asmar, asmar (Unknown)
Mappincara, Andi (Unknown)
Mus, Sumarlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Peran Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Laniang Makassar meliputi menjadi sosok teladan, mengarahkan siswa, memotivasi siswa, menginspirasi siswa, menegosiasi siswa, dan melaksanakan perubahan-perubahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah  guru, wakil kepala sekolah, dan siswa di SMK Laniang Makassar dengan jumlah guru sebanyak 4 orang, wakil kepala sekolah 1 orang, dan siswa 1 orang. Teknik Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Dalam memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat dikatakan baik. Hal ini dibuktikan dengan guru yang mampu menjadi sosok teladan, mampu mengarahkan siswa pada proses pembelajaran, memotivasi siswa, membantu siswa memecahkan permasalahan yang dihadapi siswa, menciptakan pembelajaran yang menarik dan mampu memanfaatkan teknologi-teknologi canggih sesuai dengan perubahan dan perkembangan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EDUSTUDENT

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope Jurnal adalah 1. Administrasi Pendidikan 2. Bimbingan dan Konseling 3. Pendidikan Luar Biasa 4. Pendidikan Luar Sekolah 5. Teknologi Pendidikan 6. Pendidikan Guru Sekolah ...