SainsTech Innovation Journal
Vol. 7 No. 1 (2024): SIJ VOLUME 7 NOMOR 1 TAHUN 2024

Media Pembelajaran Mengenal Huruf Dan Angka Melalui Game Memori Untuk Siswa Kelas Satu

Hasmy Nispurnama Sari (Unknown)
Syuhada, Fahmi Syuhada (Unknown)
Yuan Sa'adati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran interaktif berbasis game memori guna membantu siswa kelas 1 SDN 2 Bonjeruk dalam mengenal huruf dan angka. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya motivasi dan daya ingat siswa dalam proses pembelajaran konvensional. Melalui metode kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest, penelitian ini mengevaluasi efektivitas media game memori dalam meningkatkan kemampuan siswa. Game dikembangkan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript, dengan konsep mencocokkan kartu berisi huruf dan angka. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari 44% (pretest) menjadi 45,33% (posttest), meskipun tergolong kecil, namun menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sij

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Information Technology and Computer Science Information System, Network, Information Retrieval, Natural Language Processing, Data Mining, Machine Learning, Image Processing, Computer Vision, Data Science, Software Development Civil Engineering Geological Engineering, Structural Engineering, Project ...