learning models, TGT, question cards, learning outcomes Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media kartu soal efektif terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Qamarul Huda Bagu. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling, sampel penelitian terdiri dari 26 siswa untuk kelas eksperimen dan 26 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa uraian pada pretest dan posttest. Analisis data dengan uji Paired Sample T test menggunakan software IBM SPSS Statistik versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan (p<0.05) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu soal terhadap hasil belajar pada materi himpunan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional tipe ceramah, dimana rata-rata hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu soal lebih tinggi yaitu 81,08 jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran tipe konvensional metode ceramah yaitu 69.35. Peningkatan hasil belajar menunjukkan bahwa nilai Normal Gain (N-Gain) pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi yaitu 0.74 sedangkan nilai N-Gain pada kelas kontrol termasuk kategori sedang yaitu 0.63 artinya model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu soal lebih efektif terhadap hasil belajar pada materi himpunan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensioanal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021