Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatife tipe team game tournament (TGT) dengan media motul efektif terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Qadir Menemneg. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 23 siswa. Pengambilan data menggunakan instrument test berupa uraian pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji non parametrik Wilcoxon pada signifikasi 5% menggunakan software SPSS Statistik versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) nilai P<0.05 yaitu 0.00 artinya H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan yang nyata/significant penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament dengan menggunakan media MOTUL terhadap hasil belajar. (2) Metode pembelajaran kooperatife tipe TGT dengan media motul efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat, dimana rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 64,35 menjadi 85,22.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021