Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap kedisiplinan dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri atas 53 siswa kelas VIII-C dan VIII-D MTs NW Sekunyit yang dipilih melalui random sampling. Instrumen penelitian berupa angket, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, ANOVA satu arah, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan Wordwall dengan kelas kontrol. Nilai uji t sebesar -6,918 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) mengindikasikan adanya hubungan yang kuat antara penggunaan Wordwall, kedisiplinan, dan hasil belajar. Temuan ini mendukung bahwa Wordwall berkontribusi positif terhadap peningkatan kedisiplinan siswa dan hasil belajar Bahasa Indonesia
Copyrights © 2023