Pengembangan kurikulum PAI multikultural sangat urgensial dalam pendidikan agama islam untuk memperkuat identitas kebudayaan, membentuk karakter dan wawasan multikultural individu dan masyarakat. Oleh sebab itu, perlu adanya penguatan konseptual melalui anatomi dan desain kurikulum yang mengarah pada PAI multikultural. Berdasar pada hal tersebut maka, Tujuan artikel ini untuk mengkaji anatomi dan desain pengembangan kurikulum PAI multikultural. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang berupaya mengkaji bebagai literatur yang ada berupa buku, jurnal, tesis dan terbitan lainnya. Teknik pengumpulan data yakni telaah dokumen, adapun sumber penelitan ini didapatkan dari Google shcooler, Google browser, dan internet. Adapun analisis data dalam penulisan artikel ini menggunakan analisis yang dicetus oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Anatomi pengembangan kurikulum PAI multikultural meliputi: a) Tujuan kurikulum PAI multikultural, b) Mata pelajaran/isi materi berbasis multikultural, 3) Strategi pembelajaran multikultural, 4) Media pembelajaran multikultural, dan 5) Evaluasi. 2) Desain pengembangan kurikulum PAI multikultural dilakukan dengan cara memahami kondisi sosio-kultur masyarakat, salah satu desain pengembangan kurikulum PAI multikultural adalah melakukan kegiatan Studi kultur. Implikasi penulisan artikel ini meliputi; pertama, penguatan indentitas kebudayaan suatu masyarakat, kedua, untuk memberikan kontribusi pada peningkatan kulaitas hidup masyarakat, ketiga, sebagai dasar untuk membentuk karakater dan untuk menambah wawasan multikultural setiap individu dan masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024