Media Sains
Vol. 25 No. 1 (2025): Terbitan Juni 2025

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR BIOLOGI DENGAN NILAI UAS MATA KULIAH BIOLOGI UMUM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNDANA

Nuryati, Lidia Susanti (Unknown)
Tokan, Moses Kopong (Unknown)
Dhani, Arini Rahma (Unknown)
Yusnaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah Biologi Umum di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nusa Cendana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2022 hingga 2024 yang telah menempuh mata kuliah Biologi Umum, dengan jumlah total 242 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 72 orang dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel proporsional. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar yang dikembangkan oleh Knekta dkk. (2020), yang terdiri atas 33 butir pernyataan yang mencakup tiga indikator utama yaitu: perasaan senang, nilai, dan keterlibatan. Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh rata-rata skor minat belajar sebesar 134,11 dengan mayoritas responden (58,3%) berada pada kategori tinggi dan 40,3% pada kategori sangat tinggi. Sedangkan data nilai UAS menunjukkan bahwa seluruh responden (100%) dinyatakan lulus, dengan mayoritas (59,7%) memperoleh nilai A. Selain itu, penelitian ini juga menemukan adanya hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar yang diukur melalui nilai UAS. Nilai korelasi yang ditemukan sebesar 0,447, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi minat belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Other

Description

Criteria for publication in Jurnal MEDIA SAINS are novelty and quality in experimental and theoretical basic sciences. Articles based on results of research from all aspects of mathematics, chemistry, physics, and biology are welcome. Reports on new methodologies and comprehensive assessments of ...