Media Sains
Vol. 25 No. 1 (2025): Terbitan Juni 2025

Analisis penerapan dan pengembangan kurikulum merdeka belajar terhadap karakteristik 4c (communication, collaboration, critical thinking, and creativity) pembelajaran abad 21 tingkat sekolah menengah atas(sistematic literature review)

Talaen, Yinma Dewita (Unknown)
Ardan, Andam S (Unknown)
Yusnaeni (Unknown)
Tokan, Moses Kopong (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap karakteristik 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Creativity) pembelajaran abad 21 pada Sekolah Menengah Atas.  Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 30 artikel ilmiah yang relevan dengan topik, yang diperoleh melaui seleksi kriteria inklusi dan ekslusi yang pada data base google scholar.  Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar masih berlangsung secara bertahap dan belum merata di SMA serta Keterampilan abad 21 komunikasi, kolaborasi dan kreativitas menunjukkan peningkatan yang signifikan sedangkan berpikir kritis masih membutuhkan strategi khusus. Ditemukan pula bahwa metode pembelajaran berbasis proyek dan masalah, lingkungan belajar yang kolaboratif serta integrasi teknologi sangat berpengaruh dalam peningkatan keterampilan 4C. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan guru secara intensif, penggunaan pendekatan pembelajaran inovatif, serta evaluasi berbasis proyek untuk mendukung efektivitas kurikulum merdeka dalam membentuk peserta didik yang adaptif di era abad 21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Other

Description

Criteria for publication in Jurnal MEDIA SAINS are novelty and quality in experimental and theoretical basic sciences. Articles based on results of research from all aspects of mathematics, chemistry, physics, and biology are welcome. Reports on new methodologies and comprehensive assessments of ...