Permasalahan mengenai minat belajar peserta didik di dalam kelas telah menjadi salah satu isu sentral dalam dunia pendidikan selama satu dekade terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran youtube terhadap peningkatan minat belajar peserta didik kelas X di SMK Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram pada tahun ajaran 2023/2024, khususnya pada mata pelajaran Dasar Desain. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang menggunakan pre-test dan post-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Nurul Islam, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 29 siswa, terdiri dari 13 perempuan dan 16 laki-laki. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket sebagai metode utama, serta dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil analisis menunjukkan nilai Chi-Square sebesar 11,71, sedangkan nilai Chi-Square pada tabel dengan derajat kebebasan (df) 4 dan taraf signifikansi 5% adalah 9,488. Dengan demikian, nilai Chi-Square analisis lebih besar dari nilai Chi-Square tabel (11,71 > 9,488). Hal ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan YouTube sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Desain Grafis kelas X di SMK Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram Tahun Ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2025