ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi dan tantangan yang dihadapi dalam Program Firqotul Lughah dalam pengajaran Maharah Kalam (keterampilan berbicara) di MI Bi Tsalaatsi Lughaat An-Najah. Penelitian ini dilakukan di MI Bi Tsalaatsi Lughaat An-Najah karena karakteristik uniknya yang membedakannya dari sekolah lain. Sekolah yang diteliti menawarkan program pembelajaran bahasa Arab yang khas, yang dikenal sebagai program Firqotullughah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus.Pertanyaan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah: bagaimana implementasi dan tantangan apa yang dihadapi dalam Program Firqotul Lughah untuk pembelajaran Maharah Kalam di MI Bi Tsalaatsi Lughaat An-Najah? Subjek penelitian ini adalah guru pelaksana program Firqotullughah dan siswa kelas 1 sampai 6 MI Bi Tsalaatsi Lughaat An-Najah, sedangkan objek penelitiannya adalah Program Firqotullughah yang diterapkan di sekolah tersebut. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Program Firqotullughah untuk pembelajaran Maharah Kalam di MI Bi Tsalaatsi Lughaat An-Najah melibatkan tiga tahap yang dilakukan oleh guru: persiapan, pelaksanaan (terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), dan evaluasi/penilaian. Penelitian ini juga mengidentifikasi tiga tantangan utama dalam implementasi Program Firqotullughah untuk pembelajaran Maharah Kalam di MI Bi Tsalaatsi Lughaat An-Najah: tantangan terkait proses, tantangan biah lughawiyah (lingkungan linguistik), dan keterbatasan waktu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025