Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Adiwiyata melaui bidang kurikuler, bidang ekstrakulikuler dan bidang pengelolaan lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan implikatif atau pernyataan kondisional. Teknik pengumpulan data diakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Penentuan informasi dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Program Adiwiyata dalam meningkatkan wawasan lingkungan di SMP Negeri 2 Unggualan Maros yang diharapkan telah tercapai melalui Bidang kurikuler, Bidang ekstrakurikuler dan Bidang pengelolaan lingkungan sekolah  ( Pemafatan dan penataan lahan sekolah dan Pengelolaan lingkunggan sosial) (2) Faktor pendorong  yang merupakan wujud dari Implementasi Program Adiwiyata dalam meningkatnya wawasan lingkungan di SMP Negeri 2 Unggulan Maros dimana pengembangan teknologi, keterampilan dan moral pembangunan sumber daya manusia yang tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, serta seni untuk mengelola sumber daya alam secara bijaksana dan berkesinambungan melalui Sumber daya memadai seperti SDM, fasilitas dan anggaran sekolah. Adapun faktor penghambat yang dihadapi seperti cuaca yang kurang kondusif tidak menjadi penghalang terlaksananya program.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024