Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan
Vol 17 No 1 (2024)

PEMANFAATAN RAPOR PENDIDIKAN SEBAGAI ALAT TRANSFORMASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMP NEGERI 5 DEPOK)

Sulistyo, Fadhilah Darma (Unknown)
Widjaja, Imelda (Unknown)
Josua, Nadia Putri (Unknown)
Asropi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan di SMP Negeri 5 Depok sebagai alat transformasi kebijakan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan stakeholder pendidikan, yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat, dan Operator yang mengoperasikan Rapor Pendidikan, serta analisis dokumen dan observasi lapangan pada lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPN 5 Depok baru memanfaatkan data Rapor Pendidikan sejak 2023 dan merasakan bahwa data yang ditampilkan pada update Rapor Pendidikan 2.0 lebih mudah dibaca. Data Rapor Pendidikan membantu sekolah dalam mengidentifikasi masalah pendidikan di sekolah dan sebagai dasar evaluasi sistem pendidikan. Untuk optimalisasi pemanfaatan Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek perlu melakukan pembaruan data pada Rapor Pendidikan terkait penjelasan setiap indikator, seperti definisi capaian, akar masalah, dan benahi untuk ditampilkan lebih detail dan spesifik dengan permasalahan atau kondisi sekolah. Dinas Pendidikan Kota Depok perlu melakukan monitoring dan pendampingan kepada sekolah dalam pemanfaatan Rapor Pendidikan sebagai dasar evaluasi pendidikan di satuan pendidikan. Serta, Sekolah perlu membentuk tim khusus yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mendukung pemanfaatan optimal data Rapor Pendidikan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

litjak

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan is a peer-reviewed journal that publishes research and analysis-based articles on education policy. The journal publishes a range of education policy topics such as education management, educational evaluation and assessment, curriculum, education technology, ...