JES-TM Social and Community Service
Vol. 2 No. 3 (2023): November 2023

Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Kuok dalam Mengawetkan Hijauan Pakan Menggunakan Teknik Hay

Novita, Maulina (Unknown)
Ramdani, Dedi (Unknown)
Habiyah, Umul (Unknown)
Hidayat, Rahmat (Unknown)
Firli, Firli (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

SMK Negeri 1 Kuok merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan yang salah satu Kompetensi Keahlian siswanya adalah Agribisnis Ternak Ruminansia. Siswa SMK Negeri 1 Kuok, khususnya Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia, sebagai insan muda peternakan yang nantinya akan berkiprah di masyarakat, sebaiknya dibekali dengan keterampilan khusus yang nantinya dapat mereka terapkan di masyarakat. Salah satu keterampilan dalam mendukung kompetensi keahliannya adalah pengawetan hijauan pakan ternak menggunakan teknik hay. Keterampilan ini juga diujikan setiap tahunnya pada Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai salah satu syarat siswa SMK menyelesaikan pendidikannya. Pelatihan pengawetan hijauan pakan ternak menggunakan teknik hay mampu menambah pengetahuan dan keterampilan siswa SMK Negeri 1 Kuok dalam pengawetan pakan dalam rangka peningkatan kompetensi keahlian siswa SMK Negeri 1 Kuok. Hay yang baik ditandai dengan berwarna tetap hijau meskipun ada yang kekuning-kuningan, daun yang rusak tidak banyak, bentuk hijauan masih tetap utuh dan jelas, serta tidak terlalu kering sebab akan mudah patah. Selama pelatihan siswa antusias mempraktekkan cara pengawetan hijauan pakan ternak dengan teknik hay, dan mampu memahami materi yang disampaikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jestmc

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Other

Description

JES-TM Social and Community Service: Journal of Community Service contains the results of community service and empowerment activities in the form of application of various fields of science including health, education, engineering, agriculture, agriculture, social humanities, computers, ...