Al Urwatul Wutsqa
Vol. 4 No. 1 (2024): JUNI 2024

Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Nagham Al-Qur’an Masyarakat Bolo Kabupaten Bima-Indonesia

Adistian, Adistian (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Nagham al-Qur’an adalah tradisi mulia yang bumikan oleh Ulama terdahulu dan membaca al-Qur’an merupakan implementasi dari perintah Allah dan rasulnya. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam nagham al-Qur’an masyarakat Bolo Kabupaten Bima-Indonesia. Adapun tujuannya adalah mendeskripsikan nagham al-Qur’an dan mengungkapkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam nagham al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang bersifat fenomologi dengan menggunakan interdispliner. Pendekatan ini berkemampuan mengungkapkan dan menjelaskan  terkait dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam nagham al-Qur’an dan nagham al-Qur’an pada masyarakat Bolo-Bima Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nagham al-Qur’an sebagai respon positif masyarakat yang mengekpresikan cintanya terhadap al-Qur’an. Nagham al-Qur’an dimaknai sebagai gerakan membumikan al-Qur’an di masyarakat; nagham dalam setiap kegiatan sosial keagamaan, nagham al-Qur’an dapat diekspresikan dengan tilawah  dan Taddarus al-Qur’an. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam dalam Nagham al-Qur’an masyarakat Bolo-Bima dapat dilihat dari beberapa aspek; tanggungjawab, keimanan dan sosial kemasyarakatan. Nilai tanggung jawab dapat dilihat dari semangat dan kegigihan masyarakat yang selalu bekerja sama dalam hal mensukseskan kegiatan Nagham al-Qur’an. Semangat gotong royong masyarakat terlihat ketika menyiapkan panggung dan menerima tamu dalam kegiatan nagham al-Qur’an. Sekalipun ada sebagian yang hanya berdiri dan lihat tanpa terlibat, tetapi perlu diingatkan agar menunjukkan nilai kebersamaan. Dari aspek sosial dapat dilihat dari bahu membahunya masyarakat memberikan bantuan moril kepada penyelenggara kegiatan tersebut. Nilai kemanusiaan seperti itu, perlu dihidupkan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga muncul dalam pikiran bahwa hidup manusia tidak bisa hidup sendiri dan memerlukan orang lain. Selanjutnya aspek keimanan tergambar pada kecintaan masyarakat yang datang mendengarkan bacaan al-Qur’an merupakan bukti keimanan terhadap al-Qur’an sebagai sumber pedoman dan petunjuk hidup manusia, selain dari suara al-Qur’an yang indah dan menyentuh hati, ada nilai yang transendetal yang disampaikan oleh pensyarah al-Qur’an yang menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat al-Qur’an yang orientasinya adalah menggambarkan berita keimanan yang berkaitan dengan kehidupan dunia dan ukhrawi.  Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam; Nagham al-Qur’an; Keimanan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alurwatul

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Al-Urwatul Wutsqa, p-ISSN: 2775-4855, merupakan forum untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan Islam. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa hadir untuk meningkatkan pelaksanaan penelitian di bidang Pendidikan Islam dan menyebarluaskan hasil penelitian tersebut, ...