Ilmu Pengetahuan Alam adalah pelajaran tentang bagaimana mencari tahu perkara semesta alam secara sistematis. Mata pelajaran IPA tidak sekedar bagaimana siswa menguasai materi dan mengumpulkan pengetahuan semata, tetapi juga sebuah proses penemuan. Pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi membutuhkan keterampilan guru dalam mengambil tindakan yang masuk akal untuk mendukung kebutuhan belajar siswa yang bervariasi karena karakteristik yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengakomodir kebutuhan belajar siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi khususnya pada mata pelajaran IPA di SD. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pada akhirnya ditemukan bahwa penerapan metode pembelajaran yang berbeda-beda dapat menaikkan nilai rata-rata siswa selain juga meningkatkan keaktifan dalam belajar.
Copyrights © 2023