Pena Anda
Vol. 1 No. 1 (2023): April 2023

ASESMEN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA

Mujiburrahman, Mujiburrahman (Unknown)
Kartiani, Baiq Sarlita (Unknown)
Parhanuddin, Lalu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Asesmen atau penilaian merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis berkelanjutan yang digunakan sebagai pengumpul informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik untuk memperoleh keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Tujuan dari pelaksanaan asesmen pembelajaran adalah sebagai upaya mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, capaian perkembangan dan hasil belajar peserta didik.  Metode yang digunakan adalah historical research atau documentary study dengan mengumpulkan berbagai informasi melalui berita, melalui dokumen resmi pemerintah, dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa asesmen yang digunakan di sekolah dasar merujuk pada permendikbud No 21 Tahun 2022 yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen formatif dilaksanakan diawal proses pembelajaran sedangkan asesmen sumatif dilaksanakan diakhir kegiatan pembelajaran. Kurikulum merdeka memiliki visi besar untuk menciptakan suasana belajar dan pembelajaran yang bahagia dan berkualitas. Dengan tujuan menciptakan pendidikan yang menyenangkan, menggali potensi para guru dan peserta didik, mengembangkan potensi peserta didik, mengejar ketertinggalan serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

penaanda

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pena Anda bertujuan untuk menjadi sarana atau wadah publikasi artikel ilmiah, baik yang berbasis pada hasil penelitian maupun hasil kajian literasi di bidang pendidikan sekolah dasar yang bermutu sehingga diharapkan mampu menjadi rujukan inovasi dalam pendidikan guru sekolah ...