Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 101309 Batu Godang II Kecamatan Angkola Sangkunur melalui penggunaan media Pop Up Book pada materi Bangun Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman, lembar observasi, dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek pemahaman dan minat belajar. Rata-rata nilai pemahaman meningkat dari 58,40 pada pra-siklus menjadi 72,10 pada siklus I, dan mencapai 85,75 pada siklus II, dengan ketuntasan klasikal naik dari 35% menjadi 90%. Rata-rata skor minat belajar meningkat dari 72,25% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, termasuk kategori “Sangat Baik”. Temuan ini menunjukkan bahwa media Pop Up Book efektif sebagai alat bantu visual-interaktif yang mampu menjembatani konsep abstrak menjadi konkret, serta meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran inovatif dalam pendidikan dasar, khususnya dalam pengajaran matematika yang kontekstual dan menyenangkan.
Copyrights © 2025