Setiap peristiwa atau kejadian selalu meninggalkan memori atau informasi terekam, yang disebut rekod dan arsip. Rekod adalah informasi atau hasil rekaman dari suatu peristiwa yang disimpan sebagai bukti dalam berbagai bentuk, sedangkan arsip adalah bagian dari rekod yang memiliki nilai guna di masa depan, baik administratif, hukum, maupun sejarah. Oleh karena itu, arsip harus dikelola dengan baik agar cepat tersedia saat diperlukan. Hal ini sangat relevan bagi mahasiswa yang memiliki banyak dokumen atau file digital untuk keperluan perkuliahan dan aktivitas pribadi, sehingga pemahaman tentang pengelolaan rekod dan arsip sangat penting. Studi ini meneliti praktik pengarsipan digital pribadi (PDA) mahasiswa di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif melalu survei kepada 100 orang responden dari 4 prodi di lingkungan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa kesadaran pengarsipan mahasiswa relatif tinggi, mahasiswa memiliki kecenderungan optimisme terkait alat dan teknik PDA; mahasiswa cukup termotivasi dalam melakukan PDA dan strategi yang mereka gunakan relatif sederhana; serta privasi pengguna dan keamanan pengarsipan merupakan risiko dan tantangan terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengelola arsip digital mereka. Untuk mengatasi masalah ini, diusulkan upaya baik dari sisi individu dan lembaga, termasuk saran agar lembaga menerapkan intervensi lanjutan dalam kemajuan PDA untuk meningkatkan kesadaran PDA mahasiswa, dan saran agar mahasiswa memandang teknologi pengarsipan secara dialektis serta menggunakan alat pengarsipan secara rasional, menggunakan berbagai strategi, mengelola perilaku PDA, dan mengambil berbagai tindakan untuk melindungi privasi pribadi dan keamanan informasi mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025